Nggak Sekadar Kombinasi Manajemen dan Marketing, Ini 5 Fakta Penting Tentang Kuliah Manajemen Pemasaran

jurusan manajemen pemasaranJurusan manajemen pemasaran? Mungkin banyak dari Quipperian yang belum familiar dan lebih mengenal jurusan manajemen daripada manajemen pemasaran. Wajar kok, karena memang biasanya pemasaran atau marketing menjadi salah satu bidang konsentrasi yang bisa kamu pilih saat kuliah di jurusan manajemen nanti. Dunia manajemen bisa dibilang luas banget, jadi kalau Quipperian ingin unggul di dunia kerja maka penting bagi kamu untuk menguasai bidang tertentu.

Oh iya Quipperian, tau nggak sih kalau pemasaran atau marketing sering kali menjadi bagian terpenting dari suatu perusahaan. Untuk menjadi marketers yang andal tentu kamu harus memiliki dasar keilmuan, jadi nggak cuma modal suka jualan aja ya. 

Makin penasaran dengan seluk beluk kuliah manajemen pemasaran? Yuk simak 5 fakta penting yang sudah disusun oleh tim Quipper Campus.

5 Fakta penting tentang jurusan manajemen pemasaran

1. Belum ada kampus yang memiliki jurusan manajemen pemasaran di jenjang S1

Merujuk pada data BAN-PT dan Forlap Dikti, hingga 2019 belum ada kampus yang memiliki program studi Manajemen Pemasaran di jenjang S1. Umumnya program studi pemasaran berada pada jenjang diploma 3 (D3) maupun D4.

Jadi, gimana dong? Seperti yang disinggung di awal, kalau kamu yang ingin mendalami ilmu marketing atau manajemen pemasaran maka Quipperian bisa memilih program studi Manajemen. Nah, pastikan kampus yang kamu pilih prodi manajemennya memiliki konsentrasi atau peminatan marketing seperti yang ada di IPMI International Business School

Di kampus IPMI, kamu akan belajar keilmuan manajemen dengan 4 pilihan konsentrasi seperti; Human Capital, Finance, Management and International Business dan tentunya Marketing alias pemasaran. Kamu bisa mulai mendalami bidang konsentrasi yang kamu pilih ini mulai dari tahun kedua kuliah.

2. Perbedaan kuliah jurusan manajemen pemasaran di jenjang diploma dan S1

Saat kuliah di jenjang S1, kamu akan banyak berkenalan dengan teori dan konsep. Nah dua hal ini nantinya akan banyak mempengaruhi landasan berpikir saat mengambil keputusan. Berbeda dari jenjang diploma yang merupakan pendidikan vokasi yang lebih banyak menekankan pada keahlian praktis.

Selain itu, kalau Quipperian belajar manajemen pemasaran di jenjang S1 tentu kamu akan dibekali dengan kemampuan manajerial yang lebih dalam. Jadi, nggak hanya belajar bagaimana membangun sebuah pasar dan melakukan pemasaran terhadap suatu produk  tetapi juga mengelola tenaga-tenaga pemasaran agar kinerja mereka menjadi lebih baik. 

3. Mata kuliah yang variatif dan seru

Tentunya ada banyak banget materi yang bisa kamu pelajari saat kuliah dengan peminatan manajemen pemasaran. Quipperian nggak hanya belajar materi-materi terkait dengan dunia marketing tetapi juga dibekali dengan kemampuan manajemen bahkan psikologi juga lho!

Untuk di bidang marketing-nya sendiri, Quipperian akan bertemu dengan beberapa mata kuliah seperti komunikasi pemasaran (integrated marketing communication) dan pemasaran internasional (international marketing). Sedangkan mata kuliah untuk bidang manajemen tentu akan ada banyak banget ya, diantaranya adalah; Integrated marketing communication, brand management, strategic management hingga yang sifatnya lebih kepada psikologi dan juga consumer-focus dalam dunia jasa seperti consumer behaviour & service marketing.

4. Lulusannya bisa bekerja di berbagai sektor Industri

Hampir semua perusahaan memiliki bagian pemasaran ataupun marketing baik itu perusahaan periklanan, teknologi, tambang, industri pariwisata, Fast-moving consumer goods (FMCG) hingga media. Pokoknya semua jenis perusahaan akan memerlukan keahlian mu setelah lulus nanti.

Di beberapa perusahaan besar terkemuka, divisi pemasaran (marketing) berbeda dengan divisi penjualan (sales) ya! Untuk kamu seorang lulusan prodi manajemen dengan konsentrasi marketing tentunya bisa masuk ke dua divisi tadi. Beberapa prospek karier yang cocok untuk lulusan manajemen pemasaran adalah; Product Manager, Brand Executive, Marketing Relations Executive, Media Planner, Digital Marketing Manager, dan Account Manager.

Ingin membangun bisnismu sendiri? Tentu saja bisa dong! Jika Quipperian memiliki jiwa entrepreneurship yang tinggi, kamu juga bisa membuka & mengembangkan usahamu sendiri setelah lulus nanti alih-alih bekerja di perusahaan orang lain. Dengan kemampuan manajemen dan marketing yang didapatkan dari kampus, kamu nggak hanya terlatih mengelola perusahaan saja tetapi juga bisa turun langsung dalam penjualan dan pemasaran.

5. Punya kesempatan besar melanjutkan pendidikan maupun berkarier di luar negeri 

Nah, untuk fakta yang satu ini hanya akan berlaku jika kamu memilih kampus dengan standar dan kualifikasi internasional seperti IPMI International Business School. Selama kuliah di IPMI nanti, kamu akan terbiasa menggunakan bahasa internasional alias bahasa Inggris. Maklum aja seluruh perkuliahan di sana menggunakan bahasa inggris. Jadi nggak akan kaget deh jika suatu kamu melanjutkan pendidikan atau bahkan berkarier di luar negeri.

Jika Quipperian berkuliah di IPMI, kesempatan mu untuk go internasional juga makin terbuka lebar. IPMI memiliki banyak jaringan dengan perusahaan dan institusi pendidikan terkemuka di berbagai negara. Jadi, kualitas lulusan IPMI nggak perlu diragukan lagi deh.

Jadi gimana nih Quipperian? Sudah makin kenal kan dengan konsentrasi pemasaran pada jurusan manajemen. Menurut data SBMPTN dan SNMPTN, jurusan manajemen selalu menjadi salah satu jurusan dengan pendaftar paling banyak lho! Nggak cuma di kampus negeri aja, di kampus swasta pun Jurusan Manajemen nggak pernah sepi peminat.

Mencari kampus dengan jurusan yang satu ini memang nggak sulit, hampir semua kampus negeri dan kampus swasta memiliki jurusan ini. Namun, tentu kamu harus jeli memilih kampus yang terbaik dan yang paling cocok dengan passion-mu sehingga bisa mengakomodir segala peluang di masa depan.

Untuk Quipperian yang ingin banget mendalami manajemen pemasaran maka kamu harus segera bergabung dengan IPMI International Business School dan memilih konsentrasi Marketing yang mereka miliki. Sebelum mendaftar, kamu bisa cek laman resmi IPMI International Business School di Quipper Campus atau kunjungi langsung situs resmi mereka untuk menggali lebih banyak informasi terkait kampus keren yang ada di bilangan Jakarta Selatan ini.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk gabung di IPMI International Business School, pendaftaran untuk tahun akademik 2020 sudah di buka lho!

 

Untuk mengetahui info kampus terlengkap dan berkualitas, cek di campus.quipper.com